My Blog Sebuah Ruang Dunia Pelajaran Edukasi & Teknologi Terkini

Segmentasi, Targeting dan Positioning

0
Posted in Pendidikan By rte4k

Segmentasi, Targeting dan PositioningSegmentasi, Targeting dan Positioning

Dalam sebuah usaha, KE 3 unsur ini merupakan yang sangat penting. Segmentasi adalah proses memilih pasar yang tepat untuk memasarkan suatu jasa. Sedangkan targeting adalah proses memilih khalayak yang tepat sesuai dengan data yang diperoleh dari segmentasi. Atau lebih mudahnya targetting adalah menargetkan siapa saja yang akan menjadi konsumen. Dan positioning adalah bagaimana caranya memposisikan barang atau jasa dalam pikiran masyarakat.

Berikut segmentasi, targeting dan positioning radio Persada Pekanbaru:

  1. Segmentasi : segmentasi radio persada adalah para pendengar radio di pekanbaru serta kota-kota sekitar diwilayah pekanbaru.
  2. Targetting : Targetting dari radio Persada Pekanbaru adalah para remaja atau anak muda.(Pelajar dan mahasiswa)
  3. Positioning : Positioning dari radio Persada Pekanbaru adalah dengan memberikan TAqline ‘’Radio Persada lagunya keren banget’’ di setiap transisi iklan ataupun music.

Manajemen Dalam Penyiaran

Dalam manajemen siaran, kesesuai apa yang direncanakan dengan apa yang dilaksanakan akan mendapatkan hasil ayngmaksimal serta akan meminimalisir kesalahan yang akan terjadi.Apalagi dalam penyiaran radio yang bersifat langsung, meski tanpa visual.Manajemen audio pun harus tepat agar pendengar tidak terganggu dengan kesalahan-kesalahan.

Pada radio Persada Pekanbaru dengan Frekuensi 92,4 Fm, memiliki manajemen yang bagus. Dengan memikirkan kenyamanan pendengar. Tayang selama 18 jam sehari, dengan berbagi program-program yang menghibur serta informatif.Sebagai radio dengan sasaran anak muda.Radio persada juga disebut radio music, ini sudah menjadi komitmen persada radio dari awal.karna memutarkan music lebih banyak dibandingkan talk(berbicara). Manajemennya yaitu hampir sama setiap acara. Contohnya pada salah satu program yaitu INDOKLASIK, yang mana pendengar boleh request lagu by twitter @persadaradio dengan hashtag indoklasik. Maka jika terpilih, lagu yang di minya akan diputarkan. Setelah pemutaran lagu 2 buah maka aka nada iklan maksimal 2 buah juga, dan setiap transisi dari iklan kelagu ataupun dari lagu ke iklan selalu ada taqline ‘’radiopersada lagunya keren banget’’

Satu program dipegang oleh satu orang penyiar, dimana bertugas sebagai penyiar, pemutar music serta penyeleksi tweet yang masuk sebagai request.Bentuk manajemen lainnya yaitu, setiap akhir acara selalu disertakan dengan teka-teki lucu atau cerita lucu.

Kendala-kendala Dalam Penyiaran

Dalam sebuah penyiaran, meski telah  direncanakan sebaik mungkin tetap saja aka ada masalah-masalah ataupun kondisi yang membuat penyiaran tidak berjalan sesuai rencana.Pada radio persada Pekanbaru, juga ada permasalahan dalam penyiaran, adapun masalah-masalah yang di hadapi adalah rusaknya peralatan yang secara tiba-tiba.Misalnya mikrofon yang tidak berfungsi.Sebenarnya banyak permasalahan dalam penyiaran, tetapi pada radio Persada pekanbaru tidak terlalu sering mengalami masalah-masalah yang menghambat penyiaran.Hal ini mungkin dikarenakan karna pengecekan alat-alat penyiaran secara terus menerus dan para penyiar yang professional serta ahli di bidangnya.


Sumber: https://gurupendidikan.org/