My Blog Sebuah Ruang Dunia Pelajaran Edukasi & Teknologi Terkini

Perspektif Bisnis

0
Posted in Umum By rte4k

Perspektif Bisnis

Perspektif Bisnis

Perspektif Bisnis

Ngobrol merupakan bentuk komunikasi yang sangat cair sehingga dapat mencakup materi yang sangat luas, tergantung dari kemauan pihak mengembangkannya. Inilah wilayah lobbying yang memiliki banyak potensi menuju penyamaan persepsi. Tanpa terasa masing-masing akan msuk ke wilayah kebutuhan dan di sanalah pejejkan suatu transaksi dimulai. Melalui ngobrol, lobbying memasuki kegiatan saling mempengaruhi. Kalau pada zaman dahulu terciptanya pasar ataws dasar bertemunya produsen dan konsumen mentransaksikan kebutuhan dengan ketersediaan, maka sekarang pasar tidak lagi dikendalikan oleh kebutuhan, justru lebih dominan dikendalikan oleh keinginan. Berkembangnya teknologi informasi menyebabkan interaksi antar manusia menjadi masif, percepatan transformasi informasi luarbiasa kelipatannya, dan yang paling unik media masa khususnya melalui kegiatan periklanan mampu menggiring keinginan manusia yang bersifat artificial. Era reformasi semakin menambah rumit proses penjualan. Kemajuan teknologi telekomunikasi berdampak pada semakin intensnya pengaruh iklan pada keputusan penjualan dan pembelian. Meskipun pendekatan marketing mix yang biasa dikena dengan istilah 4p (product, price, promotion, dan place) menjadi sedemikian maju akibat dari tuntutan kompleksitas pasar, menjalin kerjasama bisnis merupakan hal penting. Paradoksnya ketika menjalin kerja sama tentu ada kegiatan lobbying dengan tujuan jangan sampai ketahuan hanya menjual produk semata. Lobi adalah jembatan yang fleksible menghubungkan tercapainya tujuan manusia. Melalui lobi tulah kegiatan komunikasi dilancarkan. Pada akhirnya lobi melingkupi aneka bidang yang paling umum terjadi dalam dunia usaha.

Baca Juga :