My Blog Sebuah Ruang Dunia Pelajaran Edukasi & Teknologi Terkini

Pengertian Psikologi Pendidikan

0
Posted in Uncategorized By rte4k

Pengertian Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan terdiri dari dua kata yaitu psikologi dan pendidikan. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses kognitif dan prilaku atau ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia baik sebagai individu maupun kelompok dalam hubungan dengan lingkungannya. Tingkah laku berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, yang disadari maupun tidak. Sedangkan pendidikan adalah ilmu yang mempelajari nilai nilai tentang karakter.

Namun, definisi psikologi pendidikan sebagai terapan ilmu psikologi dalam pendidikan memiliki arti sendiri, yakni, ilmu yang mempelajari proses belajar dan pembelajaran pada lingkungan pendidikan.

Menurut Dakir (1993) psikologi pendidikan adalah ilmu yang membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan. Sedangkan menurut Muhibbinsyah (2001) psikologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka & tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan lingkungannya dalam proses pembelajaran.

Woolfolk,2007. Tujuan psikologi pendidikan adalah untuk memahami dan meningkatkan proses belajar dan pembelajaran. Definisi lain mengatakan bahwa psikologi pendidikan mengembakan pengetahuan dan metode untuk mempelajari proses belajar mengajar pada situasi kesehatian

Santrok 2007 mendefinisikan bahwa psikogi pendidikan adalah cabang psikologi yang mengkhususkan diri oada pemahaman tentang proses belahar dan mengajar dalam lingkungan pendidikan.

William james dan john dewey adalah printis penting psikologi pendidikan demikian juga dengan E.L.Thorndike dan Deway mengemukakan bahwa anak adalah pembelajaran aktif, pendidikuntuk semua anak, penekananya pada adaptasi anak terhadap lingkungannya dan cita cita demokratis agar semua anak mendapatkan pendidikan yang baik.

 Psikologi pendidikan menjadi sangat penting karena mengajar terkait dengan sains dan seni. Dari segi sains, psikologi pendidikan memberikan informasi yang berharga. Seorang guru ahli dan propesional akan mendasari semua prilaky mengajar dengan landasan teori dan riset sehingga pengetahuan dan keterampilannya mendidik melebihi pandangan orang awam.

Proses belajar diartikan berlangsungnya aktivitas maksudnya informasi melalui panca indra yang menghasilkan pembaharuan pada kognitif dan atau pada prilaku. Proses belajar diartikan dalam sebuah pengalaman interaksi antara individu dengan pendidikan dan memberi dampak terhadap perolehan sesuatu yang baru melalui alat indra pada kognitif dan atau prilaku.

        Psikologi pendidikan menjelaskan karakteristik perkembangan belajar sesuai dengan tingkat manusia. Misalnya, jika ingin mengajar sesuatu pada seseorang maka perhatikanlah perkembangam kognitifnya. Kalau usianya masih 5 tahun maka lakukanlah pembelajaran sambil bermanin. Tapi jika sudah berusia remaja dapat dilakukan diskusi kelompok.

Dan menurut piaget baru taraf para opresional, sehingga belum mampu berfikir sesuatu yg abstrak. Berbeda dengan remaja SMA kemampuan berpikir sudah sampai pada oprasional formal, sehingga mampu berfikir sesuatu yang abstrak.

 

https://multiply.co.id/infinity-alive-apk/