My Blog Sebuah Ruang Dunia Pelajaran Edukasi & Teknologi Terkini

Pengembangan Ilmu Keperawatan

0
Posted in Pendidikan By rte4k

Pengembangan Ilmu Keperawatan

Ilmu keperawatan harus secara terus-menerus dikembangkan. Prioritas utama dalam pengembangan ilmu keperawatan adalah tantangan untuk mengembangkan substansi isi ilmu melalui pengkajian yang mendalam.

Keperawatan harus dapat menjabarkan isi dari disiplin ilmu untuk dapat memberikan justifikasi dan promosi secara langsung dalam kegiatan keperawatan. Pengembangan ilmu keperawatan melalui riset akan dapat berkolaborasi dengan disiplin ilmu lain dan membedakan kontribusi keperawatan terhadap tim kesehatan lainnya.

Perubahan Paradigma dan Lingkup Riset Keperawatan

Pelaksanaan riset merupakan dasar ilmu dan seni didalam praktik keperawatan profesional. Pelaksanaan riset keperawatan berdasarkan praktik keperawatan dapat memengaruhi dan mengubah arah perkembangan pendidikan serta praktik.

Riset keperawatan harus dilihat dari sebagai bagian integrasi dari praktik keperawatan. (Nursalam, 2002)

  1. Trend Issue Perubahan Keperawatan di Masa Depan

Ada beberapa dilematik maupun problematik perubahan keperawatan. Pertama, dalam berinteraksi dengan profesi lain (seperti Dokter) dalam dunia pelayanan di rumah sakit, kita harus sudah menghilangkan budaya dan kebiasaan-kebiasaan kontraproduktif, seperti masih sering kita jumpai rekan sejawat (perawat) di dunia pelayanan yang dengan bangganya mengambilkan stetoskop, tissue, sarung tangan untuk para Dokter, ini urgent dan harus segera di hilangkan dari budaya dan kebiasaan perawat.

Masih banyak para perawat yang masih tidak percaya diri dengan berjalan membungkuk-bungkuk seperti orang ketakutan ketika berhadapan dengan dokter, semua itu adalah jelas merupakan kebiasaan dan kebudayaan yang sangat kontraproduktif karena perawat tidak cukup percaya diri dengan ilmu yang sudah dimilikinya. Kita harus melakukan perubahan secara total dan berlaku sebagai mitra profesi dan bukan sebagai asisten atau pembantu bagi profesi lain.
Kedua, membangun idealisme dalam dunia pendidikan keperawatan dengan menghindari proses KKN dalam segala proses sistem pendidikan mulai dari penerimaan mahasiswa sampai dengan proses kelulusan mahasiswa dengan mengedepankan mutu dan kualitas. Ini sangat penting karena dari dunia pendidikan inilah akan dilahirkan generasi penerus profesi keperawatan Indonsia di masa yang akan datang.
Ketiga, membangun presepsi positif masayarakat terhadap profesi keperawatan melalui segala upaya pembelajaran masyarakat terhadap profesi keperawatan. Dalam hal ini yang paling mendesak adalah memberikan pendidikan dan informasi kepada masyarakat bahwa Perawat adalah suatu profesi berbeda dengan dokter atau profesi kesehatan lain. Bentuk nyata dalam usaha ini adalah menghentikan segala bentuk malpraktik yang dilakukan oleh kawan-kawan perawat terutama di daerah tertinggal yang masih membuka pelayanan praktek kedokteran.

Baca juga: