My Blog Sebuah Ruang Dunia Pelajaran Edukasi & Teknologi Terkini

Manfaat Penerapan Psikologi Pendidikan Dalam Mengajar

0
Posted in Uncategorized By rte4k

Manfaat Penerapan Psikologi Pendidikan Dalam Mengajar

Adapun beberapa manfaat penerapan psikologi pendidikan dalam mengajar adalah sebagai berikut:

1)       Proses pembelajaran akan disesuaikan dengan karakteristik siswa.

2)      Pemahaman alami aktivitas belajar di dalam kelas.

3)      Pembelajaran akan bervariasi karena adanya pemahaman perbedaan individual

4)      Memahami metode mengajar yang efektif digunakan sebagai pendidik & pengajar

5)      Pembelajaran akan menyenangkan karena guru bisa menghadirkan suasa yang menyenangkan bagi siswa tentunya dengan memperhatikan karakter dan kesukaan siswa

6)      Pembelajaran menjadi lebih efektif karena siswa antusias mengikuti proses pembelajaran

2.3  Manfaat Penerapan Psikologi Pendidikan Bagi Pendidik

Adapun beberapa manfaat penerapan psikologi pendidikan bagi guru/pendidik adalah sebagai berikut:

1)      Peka terhadap perilaku dan kebutuhan para peserta didik untuk belajar

2)      Mengembangkan diri sendiri untuk menjadi manusia pembelajar dan dapat membagi ilmunya pada orang lain secara profesional

3)      Mengetahui teknik-teknik yang tepat untuk memaksimalkan potensi belajar anak didik

4)      Mampu menganalisis kekurangan dan kelebihan dalam metode belajar mengajar baik terhadap diri sendiri maupun orang lain serta berupaya untuk terus memperbaikinya

5)      Guru mampu memahami problem anak didik dan sebab-sebab timbulnya problem.

6)      Guru dapat memahami faktor yang menjadi penyebab timbulnya mental tidak sehat & membantu memecahkannya.

7)      Membantu penyusunan kurikulum yang harus memperhatikan prinsip-prinsip psikologi.

8)      Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan individu

9)      Mengetahui metode mengajar yang efektif

10)  Memahami permasalahan anak didik

11)  Membantu dalam evaluasi belajar

12)  Meningkatkan kemampuan meneliti dan memahami karakter individu

13)  Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus

Santrok 2007 mengemukakan bahwa untuk menjadi guru yang efektif perlu diperhatikan beberapa hal:

1)      Pengajaran yg efektif mensyaratkan agar guru menguasai secara utuh ilmu yang diajarkannya. Guru mudah terjebaj dalan pemikiran bahwa jika menguasai mata pelajaran, maka otomatis akan bisa mengajar dengan efektif.

2)      Memperluas perspektif. Guru harus yakin bahwa dirinya dapat menjadibguru yang efektif sebagaimana diinginkannya.

3)      Guru perlu menungkatkan diri secara terus menerus. Efektif antara lain menerut santrok adalah mempunyai selera humor membuat kelas menjadi menarik menguasai mata pelajaran menerangkan dengan jelas.