My Blog Sebuah Ruang Dunia Pelajaran Edukasi & Teknologi Terkini

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN OTOMATISASI PERKANTORAN

0
Posted in Pendidikan By rte4k

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN OTOMATISASI PERKANTORAN

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN OTOMATISASI PERKANTORAN

KEUNTUNGAN PENGGUNAAN OTOMATISASI PERKANTORAN  :

  1. Meningkatkan Produktifitas Kerja
  2. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga
  3. Alur Informasi Dalam Kantor menjadi semakin cepat  Dll
  1. KERUGIAN APENGGUNAAN OTOMATISASI PERKANTORAN  :
  2. Menjadi Ketergantungan akan teknologi
  3. Akan adanya penggantian kerja yang dulunya dilakukan oleh manusia sekarang dilakukan oleh system OA
  4. Banyaknya ahli-ahli komuter yang tidak bertanggung jawab yang bisa merugikan perusahaan seperti pencurian data rahasia.
  1. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIVE OTOMATISASI PERKANTORAN
  1.  DAMPAK POSITIF OTOMATISASI KANTOR

Mendorong untuk belajar keterampilan baru. Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke mesin-mesin. Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan.  Bertambahnya kesempatan dalam bidang pemeliharaan peralatan, teknologi/elektronik, programmer dan rekayasa software. Kesempatan untuk memperpendek dari kerja setiap minggu. Lebih sedikit pekerjaan

  1. DAMPAK NEGATIVE DARI OTOMATISASI KANTOR

Cenderung karyawan menjadi “machine-minders”. Masalah kesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti layar, printer dan sebaginya. Kehilangan kontak personal, karena penyampaian informasi dilakukan oleh mesin. Implikasi terhadap pemberi pekerjaan. Memerlukan waktu untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik. Menimbulkan keresahan pada sementara karyawan pada tahap penerapan. Tidak seluruh software yang tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan

  1.  MODEL OTOMATISASI KANTOR

Keterangan Gambar diatas adalah :

Karena OA tidak memiliki mengelola data, penggunaan database dibatasi padaisi informasi. Informasi dikumpulkan dari system fisik perusahaan ( SIAmengumpulkan datanya). Informasi juga disediakan oleh lingkungan.

Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis computer sepertipengolah kata, e-mail, dann konferensi komputer . Pemecah masalah lain berada ditengah-tengah garis yang memisahkanperusahaan dengan lingkungan. Ini berarti bahwa orang-orang itu mungkinberada di kedua area tersebut.

Model tersebut juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seperti konferensi video dan audio.


Baca Juga :