My Blog Sebuah Ruang Dunia Pelajaran Edukasi & Teknologi Terkini

chatting yang sehat

0
Posted in Umum By rte4k

chatting yang sehat

chatting yang sehat

chatting yang sehat

Nah… karena itu kita butuh kiat-kiat gimana sih ‘chatting yang sehat’.

  1. Yakinkan diri dan hati ini, kalo chatting itu bisa sebagai sarana dakwah, saling mentausyiah, bukan untuk menebar kata-kata mesra nan cinta. Memulai dengan satu kata cinta, bisa menggoda jutaan kata cinta lainnya muncul lho. Katanya sih ‘temen’ kok ya jadi ‘demen’, glek!!!
  2. Kadang dari hati ini bisa muncul hasrat yang cenderung pada nafsu, karena itu jaga sikap dan kata-kata untuk tidak merusak dan menghilangkan tujuan dari ta’aruf dan ukhuwah itu sendiri. Ta’aruf itu sendiri kan untuk saling mengenal, demikian juga ukhuwah, bisa nambah saudara. Lha, kalo belon apa-apa kata-katanya udah ngajak ‘perang’, wah… bisa-bisa yang muncul di monitor adalah ‘kata-kata aneh bin ajaib’.
  3. Jangan terjebak pada permainan kata-kata, katanya sih mau ngasih perhatian, tapi kok berlebihan, kaya’ suami istri aja. Kata-kata manisnya, “Jangan lupa makan ya, ntar sakit lho, kan jadi gak bisa chatting lagi!”, atau “Duh… kamu pasti manis deh, keliatan dari tulisannya” atau juga “Kalo udah mau tidur, sebut namaku dalam hatimu ya, dan mimpikan diriku, bla…bla…bla…” Gedubrak!!! Kudu ati-ati nih kalo nemu netters kaya’ ginian. Lha, ketikan di layar monitor dimana-mana kan sama aja, gimana bisa tau yang nulis manis! Lagian kalau mau tidur kok nyebut nama si doi, gak diajar tuh ama Rasulullah SAW.
  4. Jujur dong kalau ditanyakan data pribadinya, karena kalau sesuatu udah dimulai dengan kebohongan atau sesuatu yang tidak baik, gimana bisa menjamin proses selanjutnya? Inget lho, biasanya orang kalau udah dibohongi sekali aja, gak bakalan kudu percaya lagi. Kata orang Jepang, shinjirarenai!!!
  5. Kalo emang hal ini berat, gak bisa jamin gak terjadi zina hati, sebaiknya hindari deh chatting dengan lawan jenis, kecuali dengan suami atau istri sendiri, curhat gak mesti dengan lawan jenis kan? Kalo maksa juga harus curhat dengan lawan jenis dengan resiko gak bisa jaga hati, solusinya kudu cepet nikah, jadinya chatting dengan pasangan sendiri, insya Allah 100% halal!!!
  6. Chatting itu kan hanya sebuah alat, karena itu maslahat atau mudharatnya tergantung ke kita-kita juga, mau cari kebaikan atau sebaliknya. Kalau untuk kebaikan, insya Allah memperoleh pahala, demikian juga sebaliknya.

Selamat ber-chatting ria, jadikan chatting sebagai sarana kita untuk menuai pahala di dunia maya, saling mentausyiah dan beramal baik, insya Allah ridho Allah SWT akan tercurah. Dan jangan lupa mandi dan gosok gigi ya 🙂

Sumber : https://bingkis.co.id/faraway-3-apk/